Pages

Rabu, 28 Agustus 2019

Katrol


Katrol adalah Sebuah roda yang sekelilingnya diberi tali dan dipakai untuk mempermudah pekerjaan manusia.Katrol sangat baik digunakan untuk memindahkan beban ke atas.Katrol dapat dibedakan menjadi katrol tunggal tetap, katrol tunggal bergerak, dan takal.

Katrol Tetap

Skema prinsip kerja katrol tetap
Sesuai dengan namanya, sistem katrol ini dibuat sedemikian rupa sehingga katrol tersebut tetap pada posisinya.Contoh yang sering kamu lihat sehari-hari, seperti katrol yang digunakan untuk menimba air.
Titik tumpu yang merupakan pusat lingkaran katrol diberi nama A, kemudian AB dan AC masing-masing disebut lengan beban dan lengan gaya. Keuntungan katrol jenis tunggal ini sama dengan 1. Hal ini dikarenakan perbandingan antara lengan beban dan lengan gaya sama dengan 1. Dapat dirumuskan sebagai berikut:
lingkaran katrol diberi nama A

Katrol Bebas
Katrol tunggal jenis ini dirancang sedemikian rupa sehingga katrol ini bergerak.
Skema prinsip kerja katrol bebas
Titik C merupakan titik tumpu katrol, AC adalah lengan beban dan BC adalah lengan gaya. Katrol jenis ini mempunyai keuntungan mekanis 2, artinya perbandingan antara berat beban dan gaya sama dengan dua. Jika kamu mengangkat beban menggunakan katrol jenis ini, kamu hanya perlu memberikan gaya sebesar setengah kali berat beban. Dapat dirumuskan sebagai berikut:
Titik C merupakan titik tumpu katrol

Katrol jenis ini bisa kita temukan pada alat-alat pengangkat peti kemas di pelabuhan.


Katrol majemuk

skema prinsip kerja katrol majemuk
Katrol majemuk adalah susunan katrol yang terdiri lebih dari satu katrol.katrol majemuk  biasa digunakan untuk mengangkat beban yang berat. katrol majemuk dapat menggunakan dua katrol di mana satu sebagai katrol tetap dipasang di atas dan satu lagi sebagai katrol bergerak. Takal juga dapat menggunakan tiga atau empat katrol. Keuntungan mekanik tergantung jumlah katrol dan tali yang menanggung beban.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates